4 Tim Esports Tersukses yang Ada di Indonesia

Perkembangan industri esports di Indonesia sudah berkembang pada tahun 2012 lalu, namun kemajuannya baru dapat terlihat dan berkembang pesat pada akhir tahun 2013.

Padawaktu itu  awalnya tim-tim esports merupakan tim-tim yang kecil yang dibuat oleh komunitas sendiri untuk mengikuti ajang turnamen di tingkat nasional maupun turnamen internasional.

Dan kini, tim esports Indonesia sangatlah banyak dengan perkembangan yang beitu signifikan dan juga tim esports yang sekarang sudah banyak yang dikelola dengan baik oleh tim pribadi maupun oleh organisasi bahkan oleh pemerintah sendiri.

Menurut kalian? tim mana sajakah yang menjadi tim terbaik dan tersukses di esports Indonesia ini?

Dan inilah dia berikut ulasan selengkapnya!

1. Evos Esports

Tim yang pertama kali dibentuk pada tahun 2016 ini bernama Evos Esports dengan berfokus pada game Dota 2. Yang sebelumnya bernama Zero Latitude.

Perkembangan tim Evos esports ini bisa dibilang sangat berkembang pesat. Dan hampir dalam setiap mengikuti ajang pertandingan yang ada di Indonesia, selalu mengikut sertakan kehadirannya tanpa terkecuali.

Kini, Evos sports sudah mempunyai semua cabang dalam tim nya. Bahkan tim Evos sports juga sudah mebuka cabang di beberapa negara tetangga, yaitu Vietnam dan Singapura.

untuk prestasi yang telah diraihnya yaitu Runner-up MPL Season 1 dan Juara MPL Season 2 untuk di ajang Mobile Legends, Juara Free Fire World Cup 2019, AOV Star League Season 1 dan Season 2, ESL Indonesia Championship Season 1, dan ESL Clash of Nations 2019 untuk divisi AOV, dan juga lolos dalam ajang turnamen tingkat Internasional Dota 2.

2. RRQ

Rex Regum Qeon atau biasa kita sebut dengan nama RRQ ini merupakan salah satu tim esports yang paling tua di Indonesia.

Bahkan keberadaanya sudah ada pada jaman Dota 1 atau biasa disebut dengan Dota All Star dipertandingkan di Indonesia.

Mengikuti arus perkembangan jaman, kini RRQ merambah kedalam game esports besar lainnya seperti PUBG, Mobile Legends, AOV, Free Fire, dan Auto Chess yang dulunya hanya berkutat di Dota 2 saja.

Sama hal nya dengan tim Evos, RRQ juga mengembangkan cabangnya ke berbagai negara di Asia Tenggara seperti Thailand. Selain itu juga, RRQ juga pernah bekerja sama dengan salah satu klub sepak bola yang terkenal di Prancis bernama PSG untuk cabang Mobile Legends.

3. BOOM ID

Game yang berfokus pada game Dota 2 ini adalah BOOM ID. Dan sekarang BOOM ID ini tengah mengembangkan sayapnya kedalam beberapa game lainnya seperti Mobile Legends, Free Fire, CSGO, AOV, hingga Apex Legends.

Tim-tim naungan BOOM ID ini selalu sukses di tingkat nasional dan juga di tingkat internasional.

Prestasi yang diraihnya yaitu, Juara ESL Indonesia Championship Season 1, serta lolos turnamen Internasional seperti Dota PIT Minor 2019, StarLadder ImbaTV Dota 2 Minor Season 1, The Bucharest Minor, dan juga lolos ke babak kualifikasi Asia Tenggara Dota 2 The International 2019.

4. Bigetron Esports

Game yang melambungkan namanya ini adalah game League of Legends. Namun game tersebut untuk sekarang meredup dan kurang diminati di Indonesia sehingga Bigetron mengembangkan jalnnya ke arah game yang lagi hits seperti PUBG, PUBG Mobile, AOV, Mobile Legends, Free Fire, dan juga Auto Chess.

Prestasi yang telah diraihnya antara lain Juara 1 PUBG Mobile Indonesia National Championship 2018, PUBG Mobile Club Open Indonesia 2019, serta lolos ke babak grand final FUBG Mobile Club Open Indonesia Spring Split 2019. Untuk di ajang Free Fire, Mobile Legends dan AOV selalu konsisten dipapan atas tiap turnamen nasional yang diikutinya.

Itulah beberapan tim esports yang ada di Indonesia tersukses. Semoga kedepannya banyak lahirnya generasi-generasi penerus yang siap tampil diajang nasional maupun internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *